Teknik Anatomi vs. Foto – Anatomy Techniques vs. Photo



Ridwan Fauzanullah/ANATOMY/2016
Bogor / RidwanFauzanullahArt’s Post
                    
Assalamu’alaikum.
Hi guys! Welcome back!         
Hari ini kita akan sedikit berdiskusi tentang anatomi. Kalian tahu apa itu anatomy?
Today we will little bit discuss about anatomy. Do you know what is anatomy?

Hijaber
Hijaber
     Sebenarnya sih saya mahasiswa Bogor EduCARE dan ini belum pernah dipelajari disana. Tapi saya hanya mencoba menjelaskan apa yang saya ketahui tentang seni. Belajar anatomi adalah hal baru bagi saya setelah saya menyelesaikan Praktik Industri (PI) tahun 2015 di Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas). Saya mendapat 2 buku anatomi dan satu buku kaligrafi dari karyawan disana bernama Ruswan.  
     Actually, I am a college student in Bogor EduCARE and it has learn yet, but I am just trying to explain what I know about art. Learning anatomy is a new thing for me after I have done On The Job Training, 2015 in Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas). I got 2 anatomy books and a calligraphy book from an employee there named Ruswan.

     Menemukan pengetahuan baru adalah harta karun bagi saya.
     Discovering a new knowledge is a treasure for me.

     Kesimpulan yang saya peroleh dari membaca buku Program Studi Desain Komunikasi Visual, ANATOMI dan buku Drawing Head and Figure yang ditulis oleh seorang seniman asal NewYork adalah keseluruhan proporsi dari figure manusia yang di dalamnya termasuk bahasa tubuh dan ekspresi. 
     The conclution that I get by reading “Program Studi Desain Komunikasi Visual, ANATOMI” and “Drawing Head And Figure” written by an artist from New York is the proportion of human figure including gesture and expression
.
     Nah. Anatomi itu menurut saya sangat penting bagi pemula. Tapi, mungkin bagi sebagian orang berfikir bahwa itu tidak penting. Ya... Tidak salah juga kalau tidak dari anatomi. Saya juga tidak dari anatomi. Kadang saya malas buka buku apalagi buku tentang anatomi.  Kalau kamu mau cara cepat sih disarankan untuk belajar anatomi. Dalam buku anatomi kita diajarkan semua struktur manusia seperti kepala, badan, kaki, tangan, pundak dan hal lebih rinci lainnya seperti mata, hidung, mulut, telinga dan bibir.
     My opinion, anatomi is so important for the beginner (newbie), but it is maybe that some people think that it is not so important. Well... It is not wrong if you do not start from it. I didn’t do it before. Sometime I feel lazy to open book and even less anatomy book. I suggest you to learn anatomy to increase your human drawing fast. In the anatomy books we will be learned all human structure like head, body, feet, leg, shoulder and more detail such as eye, nose, mouth, ear and lip.

     Cara kedua adalah menggambar melalui foto. Foto bisa kita temukan dimana saja seperti ketika kita browsing, kita bisa temukan banyak foto, dari teman kita, majalah, koran, artikel atau poster. Oh iya, tidak diharuskan beli koran atau majalah ya.. Hehe.. Untuk menghasilkan hasil gambar yang terbaik, gunakanlah gambar high-resolution. Gambar yang blur atau pixel bisa membuat hasil gambar kita jelek juga. Pilih juga gambar close-up (untuk lukis wajah).
     The second option is drawing by photo. Photo can be founded everywhere like when we browsing, we can see a lot photos, from our friends, megazine, newspaper, article or poster.
You must not buy newspaper or magazine. LOL. To get the best result of drawing, use the high-resolution picture. The blur and pixel picture will make our picture looking bad. Choose the close-up picture, too (face drawing).

     Untuk menggambar anatomi atau pun gambar dari foto, gunakanlah pensil 2 jenis yaitu pensil graphite HB/2B untuk sketsa awal dan 8B untuk penyelesaian.  Bukan berarti harus dengan pensil mahal ya. Saya tidak ingin menyarankan pensil apa yang bagus, karena disini bukan tempat promosi ya.. Hehe... Perbedaan keduanya hanyalah masalah teknik saja. 
     To draw anatomy or draw from picture, use 2 kinds of pencil. These are HB/2B for the first sketching and 8B for finishing. It does not mean that we should use the expensive pencil. I do not want to suggest you what are good pencils because this is not a place for promotion.. LOL. The differences both them is only technique-problem.

     Teknik pewarnaan grayscale semua sama. Hanya tebal-tipis, bayangan, cahaya dan lainnya yang telah saya bahas pada post sebelumnya. Kendala yang mungkin terjadi menurut pengalaman saya adalah:
     Colouring techniques all grayscale picture is same. It is only thick-thin, shadow, light and what I have explained in the last posts. The trouble that can happen according to my experience are:
1. kertas tipis mudah rusak, the thin-paper easily to broken,
2. kertas terlalu tebal, the paper is too thick,
3. penghapus tidak kenyal, the eraser is not firm,
4. terlalu banyak menghapus. too much erasing.

     Untuk sukses itu perlu waktu, jadi jangan menyerah jika kita dapat komentar. Ingatlah kalau komentar itu membangun dan bukanlah menghentikan kita.
     To be success needs time, so we do not give up if have some comments. We should remember that every comment build us and it will not stop us.

See you next post.
Wassalamu’alaikum

Comments

Popular posts from this blog

5 Langkah Menggambar Kawah Putih - 5 Ways in Drawing White Crater

Vincent van Gogh Quotes

Thousands of Rose Cultivars